PORTAL BUANA: Pengentasan Kemiskinan, Pembinaan LKM Diprioritaskan

...

PORTAL BUANA
Pengentasan Kemiskinan, Pembinaan LKM Diprioritaskan

Portalbuana.com -PADANG â€" Upaya pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dalam rangka peningkatan perekonomian bagi masyarakat menjadi perhatian utama pemerintah daerah saat ini.
Menyikapi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Bagian Perekonomian kali ini menggelar Sosialisasi berkaitan pembinaan, pengembangan dan pemberdayaaan bagi LKM dan dan ekonomi syariah di kota tersebut.

Kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota, Kamis (29/9) ini dibuka Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo. Dengan diikuti para pengurus Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), manajer Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA), pengurus Usaha Mikro Simpan Pinjam (UMSP), pengurus Lumpung Pitih Nagari (LPN) dan perwakilan SKPD terkait di lingkungan Pemko Padang.



Walikota mengatakan, program penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan secara nasional di seluruh daerah di Indonesia, dalam rangka mengurangi jumlah penduduk miskin serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Pemko Padang dengan ditambah dukungan pemerintah provinsi hingga pusat, telah melaksanakan berbagai program pembangunan yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan. Hal ini tentu akan terus kita lakukan secara intensif melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Padang,” sebut Walikota kepada wartawan usai membuka sosialisasi.



Mahyeldi melanjutkan, berbagai program telah dilaksanakan Pemko melalui SKPD terkait. Diantaranya seperti penyediaan asuransi, bantuan beras bersubsidi, beasiswa bagi murid SD,SMP dan SMA sederajat, bantuan bibit tanaman dan ikan, rehabilitasi rumah tak layak huni serta perbaikan lingkungan permukiman.
Di samping itu juga adanya Program Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (P2KP) pada 30 kelurahan sasaran, pemberian pinjaman modal usaha melalui Kredit Mikro Kelurahan (KMK) dalam bentuk Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Mat Tamwil (BMT) di 104 kelurahan.

“LKM adalah salah satu alat untuk menopang pendanaan berbagai pembiayaan usaha bagi kebutuhan masyarakat berekonomi lemah yang sering tidak tersentuh oleh Perbankan. Maka itu, dalam membangun LKM Pemko telah membentuk KJKS BMT di 104 kelurahan. Perkembangannya terus kita pantau dan evaluasi sehingga dapat ditingkatkan keberadaanya,” ucap Mahyeldi.

Lebih lanjut kata Mahyeldi, ia pun menyabut keberadaan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) di Padang. Menurutnya, lembaga keuangan tersebut sangat penting karena dapat membantu memfasilitasi kebutuhan modal usaha produktif sektor pertanian bagi para petani.



“Sehingga produksi usaha tani dan ternak dapat meningkat dan juga mempersempit ruang gerak rentenir atau ijon di kelompok tani (Poktan). Semoga melalui sosialisasi ini akan lebih meningkatkan koordinasi antara koordinator, pengurus, pendamping serta pengelola dalam rangka penguatan seluruh LKM di Padang,” harapnya.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Padang, Edi Dharma pada kesempatan yang sama menyebutkan sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk menyikapi beberapa permasalahan yang dihadapi LKM di Kota Padang hingga saat ini.

"Diantaranya, masih sulitnya usaha mikro kecil dalam mendapatkan modal dari Perbankan. Kemudian, kurangnya jiwa kewirausahaan dari pengurus dan pengelola LKM serta masih adanya pengurus yang kurang terbuka atau belum sejalan dengan pengelola," terangnya.

Adapun selanjutnya kata Edi, karena masih adanya masyarakat yang meminjam pada rentenir, perlunya pembinaan secara berkala dari instansi terkait dalam peningkatan produksi maupun dukungan anggaran, serta operasional LKM yang diharapkan mengacu kepada ketentuan yang berlaku dan bisa berbadan hukum.

"Kita berharap sosialisasi ini dapat mencapai sasaran yang diinginkan. Sebagaimana bertujuan agar terlaksananya manajemen pengelolaan keuangan yang profesional bagi seluruh LKM. Lalu mensukseskan program pengentasan kemiskinan, serta menumbuhkan jiwa wira usaha dan memperkuat kelembagaan petani dalam mengembangkan usaha pertanian," sebut Edi.(David/ Faisal/ Bustam)
Read More →
This notification was sent to ladoranew@gmail.com by Feed2Mail.

Unsubscribe |  Manage subscriptions |  Remove ads

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item